WordPress atau Blogspot

wp-vs-blogger

Mugkin anda sedang mencari artikel perbandingan wordpress dan blogspot, atau penasaran kenapa saya pindah dari blogspot ke wordpress? Maka anda berada di artikel yang benar. Jadi ceritanya baru-baru ini saya migrasi blog dari blogger ke wordpres. Apa alasannya? Ada beberapa poin yang membuat saya pindah ke lain hati:

Desain Tampilan

Tujuan saya menulis blog adalah merekam pemikiran / kejadian yang dapat dibagi dan dijadikan manfaat oleh orang lain. Dengan wordpress, saya bisa lebih fokus ke konten tulisan karena formating, layout, font, dan segala desain tampilan wordpress sudah sangat rapih, sementara bila pakai blogspot masih banyak yang perlu diatur. Itulah juga kenapa saya pakai tema dasar wordpress karena bahkan hanya dengan tema dasarnya, tampilan sudah clean dan pembaca bisa fokus ke konten tulisan yang saya buat tanpa terganggu pernak pernik yang tidak penting.

Https

WordPress.com menggunakan https, sedangkan blogspot masih http. Apa beda nya? Sebenarnya banyak, namun yang terpenting adalah blog saya tidak ditempeli iklan raksasa oleh telkom di pojok atas halaman yang membuat halaman blog saya terlihat jelek.

Mobile Friendly

Bandigkan, di tema dasarnya saja, wordpress sudah mobile friendly (tetap bagus tampilannya bila dibuka di hp). Sedangkan pada blogspot versi mobile nya terlalu biasa cenderung jelek, bahkan jika memai tema custom, versi mobile nya bisa tidak sebagus versi web nya. Padahal sudah banyak orang yang baca blog lewat mobile. Lagi-lagi saya ingin meberi tampilan mininalis yang clean sehingga pembaca fokus ke konten namun tetap nyaman saat membaca.

Full Customization

Jika nanti saya memutuskan untuk menjadikan blog ini jadi website pribadi, saya hanya tinggal pakai wordpress.org dan import konten tanpa kesulitan.

Itulah beberapa alasan kenapa saya pindah dari blogspot ke wordpress. Sebagai penutup, saya ingin membagi kenapa saya menulis artikel hampir semua dalam bahasa indonesia. Alasannya adalah saya ingin blog ini berisi konten pencerdasan untuk orang Indonesia yang lagi-lagi agar tidak perlu teralihkan oleh pernak pernik, tapi fokus pada konten.

 

Sumber gambar : 1

Man’s Dream: Knight in Shining Armor (dari buku Men Are From Mars Women Are From Venus)

men-are-from-mars-women-are-from-venus

Seperti biasa jika saya membaca sebuah buku, saya tidak akan membahas keseluruhan / resensi bukunya, tapi akan saya ambil hal unik yang menarik perhatian saya untuk dibahas.

Kali ini dari buku Men Are From Mars Women Are From Venus karya John Gray, Ph.D ada sebuah bahasan yang menarik tentang perumpamaan bagaimana seorang laki-laki ingin diperlakukan oleh pasangannya.

Continue reading Man’s Dream: Knight in Shining Armor (dari buku Men Are From Mars Women Are From Venus)

Browser Yang Cocok Untuk Macbook Air Apple

if-browsers-were-gunsSebagai pengguna baru produk apple, khususnya Macbook Air 11″, mungkin anda akan bingung untuk memutuskan apakah akan memakai chrome yang sudah lama kita pakai, atau mau coba-coba pakai safari, sebagai browser utama. Yang manakah yang lebih cocok?

Banyak artikel yang sudah membahas Chrome VS Safari dari sisi Ram Usage, Battery Life, dan sejenisnya. Namun bagi saya hal-hal tersebut tidak terlalu berbeda secara signifikan. Karena itu, kali ini akan saya bahas perbedaan Chrome dan Safari berdasarkan pengalaman pribadi dari sisi berbeda yang belum diceritakan orang lain:

Continue reading Browser Yang Cocok Untuk Macbook Air Apple

# Cara Belajar Bahasa Inggris Sendiri

Belajar bahasa asing intinya adalah sering-sering dipraktekkan dalam keseharian. Dengan keterbatasan waktu dan uang, kita bisa belajar sendiri, tidak perlu ikut les khusus.
Contohnya seperti yang saya lakukan untuk mendapatkan score tes toefl 577 tanpa belajar sama sekali sebelum hari H tes nya.

1. Nonton Film / TV Series dengan Subtitle Bahasa Inggris

Cara tergampang adalah nonton video yg kita suka (bagi saya film dan tv series) denga subtitle bahasa inggris. Bahkan lebih baik lagi latihan untuk tidak pakai subtitle. Cara ini efektif untuk melatih kemampuan listening kita. Bisa dilakukan juga dengan sering nonton video dari youtube.

2. Baca Buku / Novel Bahasa Inggris

Baca buku akan melatih kemampuan reading kita. Tapi karena mungkin cukup sulit, bisa dimulai dengan cara membaca versi bahasa inggris dari buku bahasa indoneisa yang pernah kita baca dan suka. Dengan begitu, kita bisa nostalgia dan membandingkan arti kata-kata tertentu karena kita pasti masih ingat bagian-bagian cerita dalam buku yg pernah kita baca.
Atau kalau benar-benar malas, bisa dimulai dengan baca manga yang banyak dalam bahasa inggris. Selain mendapatkan asiknya baca manga, tanpa sadar kita akan terbiasa dengan bahasa inggris.

3. Menulis Blog Dalam Bahasa Inggris

Menulis akan melatih vocabulary yang telah kita pelajari. Tulislah dalam bentuk cerita atau artikel, sehingga tujuannya tetap membuat sesuatu yang kita suka. Kemampuan writing ini akan mengikuti perkembangan kemampuan reading. Semakin banyak kita baca, semakin bagus pula kemampuan menulis.

Sebagai kesimpulan, intinya adalah lakukan apa yang kita suka menggunakan bahasa inggris. Sebagai generasi 90an pasti merasakan manfaat belajar bahasa inggris tanpa sadar yang lebih manjur lewat game-game yang kita mainkan seperti PS1, PS2 atau dari manga, anime, dll, daripada belajar di sekolah/les.

# Lapor Gangguan Internet IndiHome, Mati Saat Hujan

Pernah kesal luar biasa gara-gara internet IndiHome sering mati atau lemot? terutama kalau hujan. Wah rasanya ingin….. Well, saya pernah dan saya tahu rasanya. Bila terjadi, saya sarankan jangan hanya memaki-maki, tapi segera LAPOR.

Iseng-iseng saya coba lapor lewat twitter karena lebih mudah. Tinggal mention atau tulis lewat DM ke twitter @TelkomCare. beberapa menit langsung dibalas.

Ternyata besoknya sudah ada teknisi yang datang ke rumah untuk mengecek. Daaaaaan. ternyata yang membuat rusak adalah sambungan splitternya yang sudah berkarat. karena sebab inilah kalau sering hujan maka internet akan lemot dan suka putus-putus. Maaaaaaaan. Untung gue lapor. kalo nggak ga bakal tahu penyebabnya  internet lemot tiap kali hujan.
Lihat warna hijau-hijau karat penyebab internet lemot saat hujan, karena jadi lembab
Sebenarnya saya bikin post ini karena ingin mengapresiasi layanan customer care nya telkom yang sudah memakai sistem tiket. Sebagai orang yang lulus kuliah dari jurusan yang belajar tentang sistem informasi, senang rasanya kalau sebuah sistem berjalan dengan baik. Orang tinggal lapor, lalu ada email yang memberitahukan status laporannya. Penanganan di lapangan pun tidak lama dari waktu pelaporan. Sudah lebih baik nih. Mantap, lanjutkan.
Contoh balasan email status laporan setelah melapor

# One Piece 2 Years Timeskip di Kehidupan Nyata

Satu lagi cerita dari one piece yang sangat realistis berdasarkan kehidupan nyata, yaitu saat kejadian timeskip 2 years.

Bagi yang membaca manga nya pasti tahu, saat luffy dan Straw Hat Crew ingin melanjutkan perjalanan ke New World, mereka dihadapkan pada kenyataan bahwa New World itu kejam. Mereka tidak berkutik melawan kizaru dan Kuma. Padahal Straw Hat Crew merupakan salah satu dari 11 Supernova.

Hal ini juga terasa di dunia nyata. Saat masih kuliah, kita merasa hebat dan percaya diri untuk melanjutkan ke New World sehabis lulus. Namun entah mau cari kerja atau membangun bisnis, pasti akan dihadapkan juga pada kenyataan bahwa New World itu kejam. Sehingga mau tidak mau, saya butuh untuk menjalani 2 years timeskip dulu sebelum melanjutkan ke New World.

Walaupun begitu, ada pula teman-teman yang tetap bisa langsung melanjutkan ke New World seperti 11 Supernova lainnya. Yah jalan hidup orang memang beda-beda. Ada yg dalam 2 years timeskip itu jadi sichibukai (Trafalgar Law), ada yang gabung ke Yonkou, dll. Begitu juga dengan kehidupan nyata, ada yg startup nya bisa maju, ada yg gabung perusahaan besar, dll.

 

Sepertinya ini memang masalah tiap anak muda. Harapan saya hanya semoga saja 2 years timeskip yang saya jalani tidak benar-benar selama 2 tahun haha.

Sumber gambar: 1